Selasa, 19 Februari 2013

SEJARAH PO EFISIENSI

 

Meneruskan usaha keluarga warisan sang kakek, yakni usaha kursus setir mobil dan montir. Sang kakek, (Alm) Teuku Muhammad adalah guru sekolah teknik Belanda yang juga membuka kursus mengemudi dan montir yang diberi nama “Efficiëntie” yang cukup kondang di Kebumen saat itu.

Akhirnya pak Eri Memulai usaha bus dengan merintis usaha bus tahun 1996 dengan menggunakan bis micro (bis ¾) dan hanya menggarap segmen pariwisata, Efisiensi mencoba memanfaatkan peluang bus pariwisata yang saat itu cukup ramai. Seiring perjalanan waktu, bis-bis pioneer yang berukuran ¾ mulai dijual karena animo masyarakat terhadap bis ¾ kurang bagus. Akhirnya diputuskan bahwa Efisiensi akan fokus di bigbus saja.


Itulah sepenggal cerita yang disampaikan oleh Pak Eri, mengawali cerita seru tentang kiprah PO Efisiensi saat Bismania Community melalui BMC Jogja berusaha memenuhi undangan dari pak Eri untuk berkunjung ke PO Efisiensi di Rest Area Wonosari – Kebumen. Dengan sapaan hangat dan guyonan segar khas beliau, beliau memenuhi segala pertayaan rekan BMC dan tidak segan membagi ilmu kepada seluruh rekan yang hadir saat itu.


Tahun 1998, Effisiensi pernah mencoba membuka trayek Sumatra yakni jurusan Jogja – Liwa (Bekerjasama dengan HS) dan ke Bengkulu (bekerjasama dengan Bengkulu Indah). Tetapi trayek Sumatra ini tidak bertahan lama karena pertimbangan faktor ekonomi Indonesia yang memburuk pada kisaran tahun itu akibat krisis moneter dan juga sempat pernah menang tender Caltex dalam sewa bis antar jemput Karyawan. Akhirnya bisnis di Sumatera ditutup karena tidak menguntungkan secara ekonomis.


Setelah tahun 2002 Efisiensi mulai memasuki trayek regular dengan membuka patas Jogja – Cilacap. Kemudian Tahun 2008 Juni, dibuka trayek Patas Jogja – Purwokerto.


Karena saat ini membidik pasar menengah ke atas ini, Efisiensi berusaha memanjakan penumpang sedemikian rupa. Selain membangun rest area yang sangat bersih dan nyaman, saat ini Efisiensi telah memberikan akses kemudahan bagi para penumpangnya dengan memberikan layanan hantar gratis di area tertentu di Yogyakarta, Purwokerto, dan segera menyusul di Cilacap. 

sumber artikel dikutip dari facebook efisiensi lovers 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar